Goa Semar Dieng

             Tidak jauh dari Telaga Warna & Telaga Pegilon ada beberapa goa alam yang mempunyai legenda dan suasana yang mistis, setidaknya ada tiga goa disini yaitu Goa Semar, Goa Sumur & Goa Jaran.   

Goa Semar         
                Pengunjung sanggup eksklusif mengetahui goa itu alasannya ada arca Semar di depan verbal goa-nya. Semar yaitu salah satu punakawan yang dianggap paling bijaksana. Dinamai Goa Semar alasannya penduduk setempat percaya jikalau goa ini dijaga oleh Eyang Semar. Banyak orang bersemedi di goa ini, laki atau wanita dengan tujuan menginginkan keselamatan.(http://googlemelulu.blogspot.com)
 Telaga Pegilon ada beberapa goa alam yang mempunyai  legenda dan suasana yang mistis Goa Semar Dieng  
Goa Semar berada Di tepi Telaga Warna, terdapat beberapa gua kecil. Salah satu diantaranya yaitu Gua Semar. Panjangnya sekitar 4 meter dengan dinding watu dan sanggup dipakai untuk bermeditasi. Ada gua lain di sampingnya yaitu gua Sumur dan Gua jaran.

Di dalam gua Sumur ini terdapat sumber air suci yang disebut "Tirta Prawitasari" di lokasi inilah umat Hindu biasanya mengadakan upacara ritual yang disebut Muspe/Mubakti. Disamping gua-gua kecil tersebut, juga terdapat kawah. Kawah tersebut yaitu kawab Sikendang. Dinamai demikian alasannya kadang kala mengeluarkan suara menyerupai kendang. (https://www.pp13.info//search?q=wisata-wonosobo" style="color: black; font-family: verdana;">

Tag : wonosobo
0 Komentar untuk "Goa Semar Dieng"

Back To Top